Selamat Datang Di Toko Kami

BIGGY PET SHOP Tugas Komputer Bisnis - Andita Setiadewi Damayanti - Dhika Bimantara - Firmansyah VISI “Menjadi sentra dalam pelayanan kesehatan hewan dan tempat untuk memenuhi kebutuhan hewan peliharaan” MISI 1 Memberikan pelayanan terhadap konsumen dengan kualitas terbaik & harga yang terjangkau 2 Menyediakan kebutuhan khusus pada hewan peliharaan yang berkualitas dengan harga terjangkau 3 Meningkatkan kesadaran masyarakat utk lebih peduli terhadap hewan Gambaran Usaha Kami ingin membuka usaha yang dasarnya dari hobi kami, yaitu membuka usaha petshop. Di petsop kami menyediakan layanan seperti grooming atau salon kucing dan anjing, dimana para pecinta hewan dapat membawa hewan peliharaannya untuk dimandikan dan diberi perawatan. Kami juga menjual kebutuhan dan alat perawatan hewan prliharaan, seperti makanan, sisir, pasir dan litterbox, dan juga kandang. Rencana Usaha A. Persiapan Proses produksi usaha ini diantaranya : 1. Menyiapkan ruangan dan peralatan untuk memandikan hewan 2. Menyiapkan dan menata produk – produk makanan yang akan dijual di rak etalase 3. Melayani pelanggan yang datang ke toko. B. Strategi Pemasaran 3. GAMBARAN USAHA: Kami ingin membuka usaha yang dasar nya dari hobi kami, yaitu membuka usaha petshop. Di petshop ini kami menyediakan layanan seperti grooming atau salon kucing dan anjing, dimana para pecinta hewan dapat membawa hewan peliharaannya untuk dimandikan dan diberi perawatan. Kami juga menjual kebutuhan dan alat perawatan hewan peliharaan, seperti makanan, shampo, aksesoris, mainan hewan peliharaan, vitamin dan obat-obatan hewan, gunting kuku dan sisir, pasir dan litter box, dan juga kandang. Pelayanan lainnya adalah penitipan hewan peliharaan, yang dimana para pemilik hewan peliharaan dapat menitipkan hewan peliharaannya. Jadi, jika para pemilik hewan peliharaan ingin pergi keluar kota untuk mudik misalnya, tidak khawatir dan bingung lagi memikirkan hewan peliharaannya. 4. RENCANA USAHA A. Persiapan: Proses produksi usaha ini diantaranya: 1. Menyiapkan ruangan dan peralatan untuk memandikan hewan. 2. Menyiapkan dan menata produk-produk makanan yang akan dijual di rak etalase. 3. Melayani pelanggan yang datang ke toko. B. Strategi Pemasaran 1. Kondisi Pasar Terdapat banyak pesaing yang bergerak dibidang usaha yang sama. Tetapi disini bagaimana cara atau kreatifitas kita untuk menarik pelanggan tanpa membuat pesaing kita tidak merasa tidak senang dengan tindakan kita, yaitu dengan membuat promo atau potongongan harga, dan juga membuat harga produk dan pelayan yang berbeda dengan pet shop lain. Misalnya ditempat lain grooming kucing Rp. 90.000 – Rp. 200.000 ditempat kami hanya mulai dari Rp 60.000 – Rp. 80.000 dengan begitu pelanggan akan tertarik datang ke petshop kami. 2. Rencana Pemasaran Dalam memasarkan usaha Biggy Pet Shop memanfaatkan social media sebagai sarana utama promosi seperti facebook, instagram, twitter, dan lain sebagainya. Selain itu juga kami akan memasarkannya dengan cara dari mulut ke mulut seperti cukup bercerita ke teman-teman atau keluarga untuk mempromosikan usaha kami ini, sehingga secara tidak langsung semua masyarakat akan mengetahuinya. Dan juga kami akan membuat brosur tentang Biggy Pet Shop dan harga grooming. 3. Lokasi Untuk lokasi kami telah memilih sebuah ruko di Gading serpong yang berada tidak jauh dari Summarecon Mall Serpong dan banyak cluster ternama dimana banyak keluarga yang memelihara kucing maupun anjing. Selain itu, ruko kami juga sedikit berjarak dengan ruko lain sehingga membuat lokasi kamu sangat strategis untuk mendirikan sebuah pet shop karena tidak mengganggu kenyamanan orang sekitar. 4. Positioning Biggy Pet Shop menempatkan diri sebagai usaha dagang yang memenuhi kebutuhan masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, didaerah perumahan di Gading Serpong dan sekitarnya dengan mementingkan kualitas pelayanan dan produk yang dijual. 5. Anggaran A. Rencana Anggaran 1.) Peralatan Usaha PERALATAN JUMLAH HARGA Rak etalase 3 Rp 1.500.000,- Kandang 10 Rp 3.000.000 Blower 2 Rp 600.000 AC 1 Rp 2.500.000 Jumlah Rp 6.600.000 2.) Produk untuk dijual No. Jenis Jumlah Total Harga 1. Makanan kucing dry food untuk kucing dewasa 5kg Rp. 1.500.000 2. Makanan kucing dry food untuk kucing kitten 5kg Rp. 1.500.000 3. Makanan kucing untuk hair and skin 5kg Rp. 2.000.000 4. Makanan kucing untuk kucing ras Persian 5kg Rp. 2.000.000 5. Makanan kucing untuk indoor & outdoor 5kg Rp. 1.500.000 6. Makanan kucing wet food untuk dewasa 5 dus Rp. 2.000.000 7. Makanan kucing wet food untuk kitten 5 dus Rp. 2.000.000 8. Makanan kering untuk anjing 5kg Rp. 2.000.000 9. Makanan basah untuk anjing 5dus Rp 2.000.000 10. Makanan kelinci 5 dus Rp. 1.500.000 11. Makanan Hamster 5 dus Rp. 1.500.000 12. Kebutuhan Hamster - Rp. 1.000.000 13. Pasir Kucing & anjing 5 karung Rp. 300.000 14. Litter box 10 pcs Rp. 200.000 15. Aksesoris - Rp. 2.000.000 16. Gunting kuku, sisir - Rp. 2.000.000 17. Vitamin - Rp. 500.000 18. Obat-obatan - Rp. 500.000 JUMLAH TOTAL Rp. 26.000.000 B. Kebijakan Modal Modal awal = Rp. 50.000.000 Biaya sewa tempat Rp. 700.000/bulan = Rp. 8.400.000 (setahun) Biaya peralatan usaha dan dekorasi toko = Rp. 6.600.000 Biaya peralatan administrasi = Rp. 2.500.000 Biaya produk yang akan dijual = Rp. 26.000.000 - Sisa Modal = Rp. 6.500.000 TERIMAKASIH ☺

Komentar

Postingan populer dari blog ini