Selamat Datang Di Toko Kami
BIGGY PET
SHOP
Tugas Komputer Bisnis
- Andita Setiadewi Damayanti
- Dhika Bimantara
- Firmansyah
VISI
“Menjadi sentra dalam pelayanan kesehatan hewan dan tempat
untuk memenuhi kebutuhan hewan peliharaan”
MISI
1
Memberikan
pelayanan
terhadap
konsumen
dengan kualitas
terbaik & harga
yang terjangkau
2
Menyediakan
kebutuhan khusus
pada hewan
peliharaan yang
berkualitas
dengan harga
terjangkau
3
Meningkatkan
kesadaran
masyarakat utk
lebih peduli
terhadap hewan
Gambaran Usaha
Kami ingin membuka usaha yang
dasarnya dari hobi kami, yaitu
membuka usaha petshop. Di petsop
kami menyediakan layanan seperti
grooming atau salon kucing dan anjing,
dimana para pecinta hewan dapat
membawa hewan peliharaannya untuk
dimandikan dan diberi perawatan.
Kami juga menjual kebutuhan dan alat
perawatan hewan prliharaan, seperti
makanan, sisir, pasir dan litterbox, dan
juga kandang.
Rencana Usaha
A. Persiapan
Proses produksi usaha ini diantaranya :
1. Menyiapkan ruangan dan peralatan untuk
memandikan hewan
2. Menyiapkan dan menata produk – produk
makanan yang akan dijual di rak etalase
3. Melayani pelanggan yang datang ke toko.
B. Strategi Pemasaran
3. GAMBARAN USAHA:
Kami ingin membuka usaha yang dasar nya dari hobi kami, yaitu membuka usaha petshop.
Di petshop ini kami menyediakan layanan seperti grooming atau salon kucing dan anjing, dimana
para pecinta hewan dapat membawa hewan peliharaannya untuk dimandikan dan diberi
perawatan. Kami juga menjual kebutuhan dan alat perawatan hewan peliharaan, seperti makanan,
shampo, aksesoris, mainan hewan peliharaan, vitamin dan obat-obatan hewan, gunting kuku dan
sisir, pasir dan litter box, dan juga kandang. Pelayanan lainnya adalah penitipan hewan
peliharaan, yang dimana para pemilik hewan peliharaan dapat menitipkan hewan peliharaannya.
Jadi, jika para pemilik hewan peliharaan ingin pergi keluar kota untuk mudik misalnya, tidak
khawatir dan bingung lagi memikirkan hewan peliharaannya.
4. RENCANA USAHA
A. Persiapan:
Proses produksi usaha ini diantaranya:
1. Menyiapkan ruangan dan peralatan untuk memandikan hewan.
2. Menyiapkan dan menata produk-produk makanan yang akan dijual di rak etalase.
3. Melayani pelanggan yang datang ke toko.
B. Strategi Pemasaran
1. Kondisi Pasar
Terdapat banyak pesaing yang bergerak dibidang usaha yang sama. Tetapi disini
bagaimana cara atau kreatifitas kita untuk menarik pelanggan tanpa membuat
pesaing kita tidak merasa tidak senang dengan tindakan kita, yaitu dengan membuat
promo atau potongongan harga, dan juga membuat harga produk dan pelayan yang
berbeda dengan pet shop lain. Misalnya ditempat lain grooming kucing Rp. 90.000
– Rp. 200.000 ditempat kami hanya mulai dari Rp 60.000 – Rp. 80.000 dengan
begitu pelanggan akan tertarik datang ke petshop kami.
2. Rencana Pemasaran
Dalam memasarkan usaha Biggy Pet Shop memanfaatkan social media sebagai
sarana utama promosi seperti facebook, instagram, twitter, dan lain sebagainya.
Selain itu juga kami akan memasarkannya dengan cara dari mulut ke mulut seperti
cukup bercerita ke teman-teman atau keluarga untuk mempromosikan usaha kami
ini, sehingga secara tidak langsung semua masyarakat akan mengetahuinya. Dan
juga kami akan membuat brosur tentang Biggy Pet Shop dan harga grooming.
3. Lokasi
Untuk lokasi kami telah memilih sebuah ruko di Gading serpong yang berada
tidak jauh dari Summarecon Mall Serpong dan banyak cluster ternama dimana
banyak keluarga yang memelihara kucing maupun anjing. Selain itu, ruko kami
juga sedikit berjarak dengan ruko lain sehingga membuat lokasi kamu sangat
strategis untuk mendirikan sebuah pet shop karena tidak mengganggu kenyamanan
orang sekitar.
4. Positioning
Biggy Pet Shop menempatkan diri sebagai usaha dagang yang memenuhi
kebutuhan masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, didaerah perumahan di
Gading Serpong dan sekitarnya dengan mementingkan kualitas pelayanan dan
produk yang dijual.
5. Anggaran
A. Rencana Anggaran
1.) Peralatan Usaha
PERALATAN JUMLAH HARGA
Rak etalase 3 Rp 1.500.000,-
Kandang 10 Rp 3.000.000
Blower 2 Rp 600.000
AC 1 Rp 2.500.000
Jumlah Rp 6.600.000
2.) Produk untuk dijual
No. Jenis Jumlah Total Harga
1. Makanan kucing dry food
untuk kucing dewasa
5kg Rp. 1.500.000
2. Makanan kucing dry food
untuk kucing kitten
5kg Rp. 1.500.000
3. Makanan kucing untuk hair
and skin
5kg Rp. 2.000.000
4. Makanan kucing untuk
kucing ras Persian
5kg Rp. 2.000.000
5. Makanan kucing untuk
indoor & outdoor
5kg Rp. 1.500.000
6. Makanan kucing wet food
untuk dewasa
5 dus Rp. 2.000.000
7. Makanan kucing wet food
untuk kitten
5 dus Rp. 2.000.000
8. Makanan kering untuk
anjing
5kg Rp. 2.000.000
9. Makanan basah untuk anjing 5dus Rp 2.000.000
10. Makanan kelinci 5 dus Rp. 1.500.000
11. Makanan Hamster 5 dus Rp. 1.500.000
12. Kebutuhan Hamster - Rp. 1.000.000
13. Pasir Kucing & anjing 5 karung Rp. 300.000
14. Litter box 10 pcs Rp. 200.000
15. Aksesoris - Rp. 2.000.000
16. Gunting kuku, sisir - Rp. 2.000.000
17. Vitamin - Rp. 500.000
18. Obat-obatan - Rp. 500.000
JUMLAH TOTAL Rp. 26.000.000
B. Kebijakan Modal
Modal awal = Rp. 50.000.000
Biaya sewa tempat Rp. 700.000/bulan = Rp. 8.400.000 (setahun)
Biaya peralatan usaha dan dekorasi toko = Rp. 6.600.000
Biaya peralatan administrasi = Rp. 2.500.000
Biaya produk yang akan dijual = Rp. 26.000.000 -
Sisa Modal = Rp. 6.500.000
TERIMAKASIH ☺
Komentar
Posting Komentar